Sendi palsu dan teknologi bedah arthroscopy

Post Thumb

Rangka tubuh kita dibangun oleh ratusan keping tulang. Tulang-tulang tersebut dihubungkan oleh suatu sambungan yang disebut persendian.Tanpa persendian, satu-satunya bagian tubuh yang dapat bergerak adalah alis dan lidah. Persendian antar tulang membuat rangka dapat ditekuk dan digerakan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan. manusia mempunyai lebih dari 150 persendian dalam tubuh, yang terbesar terletak di pinggul dan lutut dan yang terkecil terletak di jari tangan, jari kaki, dan tulang-tulang pendengaran yang terdapat didalam telinga.

Persendian di bahu, lutut, dan siku merupakan contoh persendian yang kuat dan sering bekerja sangat keras. Namun, sendi-sendi tersebut sering mengalami pengapuran sendi atau mengalami kecelakaan sehingga harus diganti. Dokter biasanya menanam sendi buatan dari plastik atau titanium untuk menggantikan sendi yang rusak tersebut. Akan tetapi, mengganti sendi ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit.

Walaupun terbukti berhasil, sendi palsu ini kurang mendapat perhatian di kalangan masyarakat. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan pasien sering ragu-ragu dengan prosesnya yang melibatkan pembedahan. Pembedahan dilakukan untuk menukar sendi yang sakit dengan sendi palsu.Sendi buatan sendiri baru berhasil dibuat pertama kali pada tahun 1960. Pembuatnya adalah John Charnley, seorang dokter bedah dari Inggris.Sendi buatan itu berupa bola stainless steel yang di pasang di bagian pangkal tulang femur, dan sebuah mangkok sendi tulang femur di gelang panggul.

Sebelum tahun 1970, jika ada yang sakit di persendian, ahli bedah harus membedah persendian tersebut untuk dapat mengetahui penyebab dari rasa sakit tersebut. Sekarang, para dokter telah membuat alat berukuran kecil yang dapat dimasukan kedalam persendian, yang disebut arthroscopy.

Dengan arthroscopy, dokter dapat melihat bagian dalam persendian dan melihat apa yang salah didalamnya. Setelah selesai mendiagnosa masalah, dokter memasukan instrumen lain, alat kecil yang kedua, yang dapat memperbaiki persendian.
arthroscopy telah membantu pendiagnosaan dan perbaikan pada beberapa masalah yang terdapat di beberapa persendian. Namun, kadang-kadang persendian terlalu sulit untuk diperbaiki sehingga tetap harus di ganti dengan sendi buatan.

 

  • 09-Jun-2016
  • yeni
  • Health Articles